Bisnis Menguntungkan Melalui Usaha Sampingan Ternak

Berbicara usaha sampingan ternak, mengingat tentang kebutuhan yang semakin bertambah dan faktor mencari usaha yang pas/tepat adalah suatu kesulitan bagi kita. Tapi masih ada celah untuk kita guna mendapatkan penghasilan tambahan melalui usaha sampingan ternak ini. Ternak sendiri banyak sekali langkah dan contohnya. Dan hasilnya pun tergantung kita sendiri, jika kita mau berusaha dan niat yang sungguh pasti akan membuahkan hasil yang memuaskan bagi kita sendiri. Saya akan memberi contoh jenis usaha ternak apa saja yang sekiranya bisa mendatangkan untung.

Contoh Usaha Sampingan Ternak :


1.Ternak Ayam Bangkok

Usaha Sampingan Ternak
Ternak Ayam Bangkok


Bisnis ternak ayam bangkok adalah bisnis yang bisa menghasilkan untung yang lumayan besar. Karena nilai harga jualnya pun masih mahal untuk orang yang suka ayam bangkok. Pada biasanya orang yang suka dengan ayam bangkok adalah orang suka mengadu ayam mereka. Kita harus pintar memilih bibit ayam bangkok dan memahami cara memeliharanya dengan benar. Hal pertama adalah tingkat kebersihan kandang dan posisi kandang, usahakan kandang ayam Anda dalam posisi minimal 50cm dari permukaan tanah, karena jika terlalu dekat dengan tanah akan menimbulkan penyakit bagi ayam Anda. Faktor makanan, kita harus memberi makanan yang bergizi dan tepat untuk ayam kita. Dedak atau Bekatul adalah makanan ayam yang tepat untuk ayam Anda. Berikan campuran untuk adonan dedak/bekatul yang Anda berikan ke ayam yang akan diberi makan. Campurkan Irisan daun pepaya dan sedikit garam untuk perasa dan vitamin, dedak/bekatul dan daun pepaya direbus dengan campuran air yang pas (tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer). Berikan pada saat adonan masih hangat dan teratur (3x sehari). Minuman untuk ayam juga harus diberikan vitamin guna menghindari penyakit dan untuk kekebalan ayam, biasanya banyak yang memakai Vitachiks (sejenis serbuk). Jika masih bibit/kecil, ayam diberi makan cukup dengan konsentrat/pur dan minumannya memakai Vitachiks.

2. Ternak Kambing


Usaha Sampingan Ternak
Ternak Kambing


Ternak kambing juga salah satu solusi untuk berbisnis. Kambing adalah hewan ternak yang tiap waktu/tahun harganya juga naik/berubah. Apalagi pada saat Idhul Adha/musim Qurban, pasti banyak yang mencari kambing. Memelihara kambing juga harus teliti dan harus mendapatkan ilmu yang tepat untuk memeliharanya. Kebersihan kandang, faktor makanan, vitamin dan pemberian vaksin untuk tiap waktunya. Untung dari ternak kambing juga besar, tapi modal yang dikeluarkan juga cukup besar juga, seimbang dengan untungnya jika sudah berjalan.

3. Ternak Ikan Konsumsi


Usaha Sampingan Ternak
Ternak Ikan Konsumsi


Ternak ikan konsumsi juga termasuk dalam bisnis yang menguntungkan. Ikan yang biasanya dikonsumsi masyarakat seperti ikan emas, mujair, nila, lele, dll. Modal awal kita cari bibit di tempat para penjual bibit ikan. Dan cari tempat untuk membuat kolamnya, luas dan tepat pastinya. Makanan dan air pada kolam harus kita perhatikan dalam memelihara ikan, berikan juga vitamin untuk ikan yang Anda pelihara. Pasaran ikan-ikan konsumsi di luar masih digolongkan besar/tinggi. Permintaan tiap permintaan orang yang menggemari ikan juga masih banyak.

Bisnis ternak adalah salah satu solusi, dan di dalam artikel saya hanya sekedar contoh. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk membuka usaha sampingan ternak.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Sukses Berbisnis Melalui Peluang Usaha Ikan Bakar

Peluang Usaha Sampingan Es yang Menguntungkan Hasilnya

Peluang Bisnis Modal Kecil Jual Tempat Rokok yang Menguntungkan